Ulasan 2 - Fork

Dalam rangka memenuhi lab week09-10 Operating System Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk menulis ulasan video, maka terjadilah ulasan yang anda baca ini. Pada kesempatan ini video yang beruntung karena saya ulas adalah video berjudul "Fork() System Call" yang berdurasi 5 menit 22 detik oleh Abhay Agrawal yang dapat diakses pada tautan berikut https://youtu.be/Qw6LFdtp8UE. Kebetulan, video tersebut juga memenuhi pemetaan pengajaran kelas Operating System week06.

Pada garis besarnya, video dibuat oleh Abhay dikarenakan ia melihat bahwa teman-temannya kesulitan dalam memahami konsep fork. Abhay menggunakan sebuah notebook untuk menjelaskan kode fork. Kode nya menjelaskan jika kita memanggil fungsi fork() maka sistem akan membuat copy dari proses yang baru kita jalankan, setelah itu sistem akan menjalankan program seperti biasa yaitu line-by-line. Abhay juga menjelaskan fungsi condition untuk pemanggilan fungsi child dan parent dengan sangat sederhana.

Penjelasan fork sangat mudah dimengerti karena Abhay menjelaskan konsep fork selayaknya teman menjelaskan pelajaran di kelas, yaitu dengan menulis di kertas dan menggambar diagram dari kodenya. Nada Abhay juga sangat lembut dan menyenangkan selayaknya teman yang sedang menjelaskan. Kualitas video cukup baik yaitu mencapai 720p yang membuat kita nyaman untuk membaca tulisan Abhay dengan jelas, selain itu tulisan tangan Abhay juga rapi dan sangat bagus sehingga nyaman kita baca.

Github Account : feliciakrismanta
URL Ulasan : http://osuvuv.blogspot.com/2017/04/feliciamengulasfork.html
URL Video : https://youtu.be/Qw6LFdtp8UE
Video Author : Abhay Agrawal
Pemetaan: week06
Revisi Pertama: 30 April 2017
Revisi Terakhir: 30 April 2017
Durasi: 5:22

Comments

Popular Posts